Skip to main content

Kata Kerja Beraturan dan Tidak Beraturan dalam Bahasa Korea

 
Dalam bahasa Korea baik kata kerja aktif maupun kata kerja deskriptif ada yang beraturan dan ada yang tidak beraturan. 
Kata kerja dalam Bahasa Korea selalu diakhiri dengan suku kata 다 (da). Contoh = 하다, 받다, 있다, dst. Dalam kalimat kata kerja dasar tersebut sebelum digabung dengan akhiran kalimat ataupun partikel harus dihilangkan akhiran 다 (da) tersebut menjadi 하, 받, 있, dst. Setelah 다 (da) hilang, kita akan tahu huruf terakhir dari kata kerja tersebut 하 huruf terakhirnya ㅏ, 받 huruf terakhirnya ㄷ, dan 있 huruf terakhirnya adalah ㅆ. 

1. Kata Kerja 'ㄷ' 
Kata kerja tidak beraturan yang berakhiran dengan konsonan 'ㄷ' akan berubah menjadi 'ㄹ' jika bertemu dengan huruf vokal, sedangkan kata kerja beraturan yang berakhiran 'ㄷ' tidak mengalami perubahan. 
a). Kata kerja tidak beraturan berakhiran 'ㄷ' 
듣다 = Mendengar
묻다 = Bertanya
걷다 = Berjalan 
싣다 = Memuat
Contoh perubahan : 
듣 + 어요        = 들어요
듣 + 으십시요 = 들으십시오
듣 + 읍시다    = 들듭시다

b). Kata kerja beraturan berakhiran 'ㄷ'
닫다 = Menutup
받다 = Menerima 
믿다 = Percaya
Contoh :
닫 + 아요        = 닫아요
닫 + 으십시요 = 닫 으십시요 
닫 + 읍시다     = 닫읍시다

2. Kata kerja 'ㅡ'
Kata kerja yang berakhiran vokal 'ㅡ' jika bertemu dengan huruf vokal lainnya, maka vokal 'ㅡ' tersebut harus dihilangkan.
Contoh perubahan :
바쁘 + 아요  = 바빠요
슬프 + 어요  = 슬퍼요
모으 + 아요  = 모아요
끄 + 어요     = 꺼요

3. Kata kerja '르'
Kata kerja tidak beraturan yang berakhiran dengan 'ㄹ' jika bertemu dengan huruf vokal, maka vokal 'ㅡ' pada kata kerja tersebut harus dihilangkan dan ditambahkan lagi dengan konsonan 'ㄹ' sehingga konsonan 'ㄹ' menjadi ganda (ㄹㄹ). Kecuali untuk kata kerja beraturan yang berakhiran dengan 'ㄹ' jika bertemu dengan huruf vokal hanya dihilangkan vokal 'ㄹ' nya saja dan tidak perlu menambahkan konsonan 'ㄹ' lagi.
a). Kata Kerja tidak beraturan berakhiran 'ㄹ'
모르다 = Tidak tahu, tidak mengerti 
빠르다 = Cepat
서두르다 = Buru - buru
흐르다 = Mendung 
마르다 = Kering, kurus
고르다 = Memilih 
자르다 = Memotong
Contoh perubahan :
모르 + 아요 = 몰라요
부르 + 어요 = 불러요
다르 + 아요 = 달라요
흐르 + 어요 = 흘러요

b). Kata kerja beraturan berakhiran 'ㄹ'
따르다 = Mengikuti 
치르다 = Membayar 
들르다 = Mampir
Contoh perubahan :
따라 + 아요 = 따라다
치르 + 아요 = 치러요
들르 + 어요 = 들러요

4.Kata kerja 'ㅅ'
Kata kerja tidak beraturan berakhiran 'ㅅ' jika bertemu vokal, maka 'ㅅ' dihilangkan, sedangkan untuk kata kerja beraturannya 'ㅅ' tidak dihilangkan.
a). Kata kerja tidak beraturan berakhiran 'ㅅ'
낫다 = Sembuh
긋다 = Menggaris, menggambar 
짓다 = Membangun
잇다 = Menghubungkan
붓다 = Menuangkan
Contoh perubahan :
낫 + 으면 = 나으면
낫 + 아요 = 나아요

b). Kata kerja beraturan berakhiran 'ㄹ'
벗다 = Membuka, melepaskan 
웃다 = Tertawan
씻다 = Mencuci
Contoh :
벗 + 으면 = 벗으면
벗 + 어요 = 벗어요

5. Kata Kerja 'ㅎ'
Kata kerja tidak beraturan berakhiran dengan konsonan 'ㅎ' jika bertemu dengan huruf vokal, makan konsonan 'ㅎ' tersebut dihilangkan dan bentuknya berubah. Sedangkan untuk kata kerja beraturan konsonan 'ㅎ' tidak dihilangkan dan bentuknya tida berubah.
a). Kata kerja tidak beraturan berakhiran 'ㅎ'
발갛다 = Merah
노랗다 = Kuning
하햫다 = Putih
까맣다 = Hitam
파랗다 = Biru
Contoh perubahan :
빨갛 + 으면 = 빨가면
까맣 + 은 = 까만
노랗 + 은 = 노란
빨갛 + 았습니다 = 빨샜습니다
까맣 + 았습니다 = 까맸습니다
그렇 + 어서 = 그래서

b). Kata kerja beraturan berakhiran 'ㅎ'
좋다 = Suka 
놓다 = Meletakkan 
많다 = Banyak 
넣다 = Memasukkan 
싫다 = Tidak suka
Contoh :
좋 + 은 = 좋은
놓 + 아요 = 놓아요

6. Kata kerja 'ㅂ'
Kata kerja tidak beraturan yang berakhiran dengan konsonan 'ㅂ' jika bertemu dengan vokal akan menjadi '오/우'. Sedangkan untuk kata kerja beraturannya tidak mengalami perubahan.
a). Kata kerja tidak beraturan berakhiran 'ㅂ'
맵다 = Pedas 
무겁다 = Berat
싱겁다 = Hambar
아름답다 = Indah
귀엽다 = Lucu, imut
Contoh perubaan :
맵 + 어요 = 매워요
무겁 + 은 = 무거운
귀엽 + 으면 = 귀여우면

b). Kata kerja beraturan berakhiran 'ㅂ'
잡다 = Memegang, menangkap 
좁다 = Sempit
입다 = Memakai
Contoh :
잡 + 아요 = 잡아요
좁 + 아요 = 좀아요
입 + 은 = 입은

7. Kata kerja 'ㄹ'
Kata kerja berakhiran dengan konsonan 'ㄹ' jika bertemu dengan konsonan 'ㅅ, ㅂ, ㄴ' makan konsonan 'ㄹ' tersebut harus dihilangkan. 
팔다 = Menjual 
벌다 = Mendapat (uang) 
열다 = Membuka
길다 = Panjang
놀다 = Bermain
Contoh perubahan :
팔 + 는 = 파는
벌 + ㅂ니다 = 법니다
열 + ㅂ시다 = 엽시다
놀 + 세요 = 노세요
Contoh kata kerja beraturan dan tidak beraturan diatas hanya sebagian saja, untuk lebihnya lagi kalian bisa cari lebih spesifik apa yang pengen kalian ketahui, misal contoh kata kerja beraturan 'ㄹ' atau apapun itu, saya pikir sudah banyak yang share.

Terimakasih telah berkunjung. Sekian dan... 

Comments

Popular posts from this blog

soal dan jawaban Simulasi Visual kelas 10 smt. 2

1.PILIHAN GANDA 1. Pengertian dari simulasi visual adalah .... A. media untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep dalam bentuk simulasi dalam format digital B. media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk digital C. media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk video D. media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk e-book E. media untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk DVD jawaban : a 2.  Platform  yang biasa digunakan untuk membuat simulasi visual adalah . . . A. Paint B.Software C.  Blender D.Hardware E.Adobe Flash jawaban : c 3.   Jenis-jenis simulasi visual ada.. A.1 B.2 C.3 D.4 E.5 jawaban : b                                    4. Kegiatan berikut ini adalah termasuk bagian dari pra-produksi  program video, presentasi, kecuali A.Editing B.Penulisan synopsis C.Penulisan skrip D.Penentuan Ide E.Penentuan lokasi jawaban : a  5 .   Video presentasi sebuah produk harus menggunakan produk dal

Penyajian Data - Tabel distribusi Frekuensi data berkelompok, Histogram dan Polygon Frekuensi.

Hai! Penyajian Data Penyajian data dapat dilakukan dengan cara menyajikan data dalam bentuk diagaram. Diagram tersebut dapat berupa lingkaran, batang, atau garis. Tujuan dari penyajian data adalah untuk mempermudah pembaca dalam melihat data. 1.Tabel distribusi Frekuensi Data berkelompok. Distribusi frekuensi merupakan daftar nilai data (berupa nilai individual ataupun nilai data yang telah di kelompokkan dalam selang interval tertentu) dan yang disertai nilai frekuensi yang sesuai. Langkah : a.Menentukan data terkecil (Xmin) dan terbesar (Xmax). b.Menentukan jarak (range).  c.Menentukan banyak kelas interval.  d.Menentukan panjang kelas.   Contoh : Data: 21,32,26,31,16,27,28,31,24,23,20,17,18,19,27,20,41,37,30,33,23,28,33,19,21,29,23,35,18,36,26,26,17,43,30,16,22,36,32,16,27,17,34,30,28,20,42,18,19,25,16,22,17,23,21,22,28,28,29,30,31,21,33,27,24,25,38,26,27,34,24,28,31,29,39,32,30,30,29,28,31,35,40.  *Jumlah frekuensi data di

Rotasi pada Transformasi Geometri - (w/ dokumen)

 Hai!            Rotasi memiliki makna perputaran. Ada beberapa contoh rotasi/perputaran yang sering kita jumpai dalam kehidupan yaitu jarum jam dinding, kincir angin, kipas angin, dan lain-lainnya.          Rotasi pada Transformasi Geometri memiliki putaran sebesar sudut tertentu misalkan sebesar θ θ dengan arah perputaran ada dua jenis yaitu rotasi searah jarum jam dan rotasiberlawanan arah jarum jam. Yang membedakan adalah besar sudutnya dimana searah jarum jam sudut bernilai negatif dan rotasi berlawanan arah jarum jam sudut bernilai positif. Rotasi pada transformasi geometri juga membutuhkan titik acuan atau disebuttitik pusat yang merupakan sebagai sumbu putarnya. Titik pusat rotasi dibagi menjadi dua yaitu titik pusat (0,0) dan titik pusat P (a,b a,b) dengan a,a atau b,b keduanya tidak nol. Sampai disini paham?  Jikalau paham alhamdulillah,soalnya saya sendiri juga tidak terlalu paham sih. Contoh soal : Nomor 1 Titik A(1 , 2) diputar 30 derajat berlawana